Rabu, 19 Januari 2011

Beranda » Cara Menampilkan Jejak Keterangan Saat Postingan Blog Kita DiCoPas

Cara Menampilkan Jejak Keterangan Saat Postingan Blog Kita DiCoPas

Apakah ada di antara kita yang blognya sering di bajak oleh blogger lain? Yup, pembajakan merupakan sebuah hal yang tidak etis dan tentunya akan sangat merugikan bagi semua pihak. Bagaimana tidak? Blog yang semestinya kita gunakan untuk menyalurkan ide dan kreatifitas justru dibajak oleh berbagai pihak dengan berbagai kepentingan. Kita sebagai blogger yang dibajak konten postingannya tentu akan merasa kecewa karena hasil karya cipta kita tidak mendapatkan apresiasi yang bagus, tetapi justru menjadi bahan bajakan pihak lain. Sementara pihak yang membajak bagaimana? Yup, tentu saja kebiasaan buruk membajak ini akan melahirkan benih menuju kriminalisasi dan mematikan kreatifitas dan ide untuk berkarya pembajak itu sendiri.

Selain itu, yang lebih parah lagi adalah apabila hasil bajakan isi postingan tersebut kemudian dipublikasikan ulang dalam blog atau website pembajak tanpa menyertakan sumber aslinya! Apa akibatnya? Ya, blog kita baik blog yang dibajak maupun blog yang dibajak akan sangat rawan untuk sama-sama terkena sangsi banned dari google! Waow, sungguh dampak yang sangat buruk bukan?

Lalu solusinya Kita bisa menggunakan kode HTML/JavaScript yang berfungsi untuk mengcegah aksi CoPas dalam blog kita. Dengan cara tersebut, maka isi postingan blog kita tidak akan bisa disalin sama sekali oleh pihak manapun. Akan tetapi, apabila kita tidak ingin hal tersebut terjadi dan masih membiarkan orang lain dapat menyalin isi postingan blog kita, kita dapat memberikan jejek keterangan yang muncul otomatis saat isi blog kita diCoPas oleh orang lain.

Langkah-langkah membuatnya:

1. Membuat akun dan mendapatkan kode HTML.
  • Pertama, kunjungi terlebih dahulu situs tynt.
  • Setelah muncul halaman utamanya, daftar terlebih dahulu untuk mendapatkan sebuah akun dengan cara klik Publisher Sign Up (FREE!).
  • Isikan semua data yang dibutuhkan dan jangan lupa untuk memberikan tanda contreng pada TOS yang diajukan. Kemudian klik Next.
  • Setelah itu, langkah selanjutnya adalah klik Cutomize Attribution.
  • Isikan data yang ingin kita rubah.
  • Placement, digunakan untuk meletakan keterangan saat isi postingan kita diCoPas oleh orang lain, apakah diletakan di bagian atas atau bagian bawah.
  • Prefix, digunakan untuk menambahkan keterangan sebelum judul postingan blog kita yang disalin.
  • Link, digunakan untuk menampilkan judul postingan blog kita yang disalin. Ada beberapa pilihan, apakah ingin menampilkan URL (alamatnya) saja, atau judul postingannya saja, atau URL beserta judul postingannya.
  • Suffix, digunakan untuk menampilkan keterangan setelah judul postingan blog kita yang disalin.
  • Creative Commons License, biarkan saja dalam keadaan none.
  • Setelah semuanya selesai, klik SAVE.
Sebelum melangkah pada bagian selanjutnya, kita dapat melihat preview contoh hasil keterangan saat isi postingan blog kita diCoPas terlebih dahulu. Jika sudah yakin, klik Next. Akan muncul halaman yang menampilkan kode HTML yang akan menampilkan keterangan tersebut. Salin kode tersebut. Setelah itu klik Next.


Pada bagian terakhir, kita akan diberikan konfirmasi bahwa kita akan mendapatkan kiriman laporan untuk analisis SEO, keyword, dan social sharing yang dikirim per hari atau perminggu. Kita juga dapat mengabaikannya dan memilih untuk tidak ingin menerima kiriman hasil analisis tersebut dengan cara memilih never.


Setelah itu klik Finish.

Proses registrasi pun telah selesai dan kita sudah bisa memasang kode HTML yang diberikan tadi. Kita juga akan mendapatkan laporan mengenai berbagai analisis tadi dalam kurun waktu 24 jam setelah kode HTML tadi terpasang dalam blog kita.

 

2. Cara memasang kode HTMLnya ke dalam blog kita.
  • Pertama, masuk ke dalam akun blogger kita.
  • Klik fitur rancangan.
  • Klik edit HTML.
  • Berikan tanda contreng pada Expand Template Widget.
  • Cari kode HTML di bawah ini.
</body>
  • Tempelkan (paste) kode HTML yang kita salin dari tynt tadi tepat di atas kode HTML tersebut.
  • Klik simpan dan selesai. 
Keterangan:
  1. Untuk mempermudah pencarian kode HTML yang kita inginkan dalam edit HTML template blog kita, gunakan fitur pencarian dengan ketik Ctrl+F pada keyboard kita.
  2. Sebagai langkah antisipasi terjadinya kegagalan saat proses editing, download terlebih dahulu template blog kita sebagai backup.
Nah, sekarang saat ada orang yang mengCoPas isi postingan blog kita, maka akan muncul keterangan sebagaimana telah kita buat tadi, dan keterangan tersebut akan muncul di bagian awal atau akhir isi postingan (tergantung pengaturan kita tadi bagaimana). Untuk mengecek keberhasilannya, sekarang kita uji coba terlebih dahulu dengan menyalin isi postingan blog kita dan menempelkannya di lembar kerja seperti Microsoft Word dan Notepad.

Semoga Berguna Buat Sobat...


www.isunuklir.blogspot.com